Aki Soak Bikin Motor Matik Ngadat

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA.co.id – Pengguna motor matik mungkin pernah mengalami mesin tiba-tiba matik saat berkendara. Padahal, bensin masih cukup dan motor baru saja diservis beberapa waktu lalu.

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Saat mesin coba dinyalakan dengan menggunakan starter elektrik, tidak ada respons. Ketika mesin dihidupkan menggunakan starter engkol, sempat hidup sebentar namun kembali mati.

Jika Anda pernah mengalami kejadian seperti itu, bisa jadi masalah ada pada aki. Menurut teknisi bengkel Bahagia Motor di kawasan Jatiwaringin, Bekasi, Wawan, aki yang soak bisa menyebabkan mesin motor matik mati mendadak.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

“Sistem kelistrikan yang bermasalah bisa membuat motor mogok, seperti aki soak atau kiprok rusak,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Beberapa indikasi yang menunjukkan ada masalah pada aki yakni lampu redup, klakson lemah dan starter elektrik kerap tidak mau berfungsi.

Ditlantas Polda Metro: Kami Tidak Bakal Tilang yang Stut Motor

“Jika muncul tanda-tanda itu, buru-buru periksa ke bengkel. Bisa jadi akinya tekor,” lanjut Wawan.

Setelah aki diganti, proses selanjutnya adalah memeriksa kiprok atau komponen pengisian listrik. Hal ini diperlukan, untuk mengetahui mengapa aki bisa tekor.

“Kalau enggak pasang aksesori berlebih, bisa jadi ada masalah pada pengisian kiprok. Kirpok fungsinya sebagai penstabil tegangan dari sepul ke aki,” jelas Wawan.

Bila kiprok bermasalah, maka arus pengisian listrik ke aki juga terganggu. Sistem kelistrikan motor juga terkena dampaknya, karena arus yang dibutuhkan untuk pengapian mesin tidak memadai.

“Harga kiprok untuk motor matik sekitar Rp100-150 ribu, tergantung merek dan tipe motornya,” kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya