Hati-hati, Kotoran Burung Nempel di Mobil Bisa Jadi Petaka

Kotoran burung menempel di mobil
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id – Menjaga mobil agar tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk merawat cat mobil supaya lebih tahan lama. Banyak hal dapat membuat cat mobil terlihat kusam dan cepat pudar.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Service Manager Workshop Department Technical Service Division Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, mengatakan  beberapa hal yang melekat dengan lingkungan dapat merusak cat mobil lebih cepat.

"Sebenarnya, ada beberapa hal yang harus dihindari, atau pun dilakukan secara sederhana untuk menjaga cat mobil lebih tahan lama dan terlihat tidak kusam. Tetapi, banyak yang tidak tahu," katanya kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Hal pertama, yang diungkapkan Iwan adalah, menghindari mobil terjemur sinar matahari saat terparkir. Lalu, kedua, adalah segera bersihkan kotoran burung yang terkena cat pada mobil. Sebab. kata dia, kotoran burung mengandung asam. Saking 'tajamnya' kotoran burung dapat membuat cat berkarat.

"Apabila mobil terkena hujan, harus segera dibersihkan, hal ini menghindari air hujan kering, karena terkena sinar matahari, ini juga harus diperhatikan," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Yang terakhir, diungkapkan Iwan, yakni mobil sebaiknya jangan dilap dengan kanebo, atau kain bila dalam keadaan kotor, karena hal tersebut berpengaruh pada kondisi cat mobil dan membuat kusam.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022