Trik Ampuh Pedagang Bikin Kinclong Motor Bekas

Jual beli motor bekas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Tak sedikit masyarakat yang heran dengan kondisi motor-motor bekas yang dipajang di banyak showroom. Karena motor-motor itu tampak mulus, mengkilap seperti baru dan tidak seperti kendaraan bekas pakai orang lain. 

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Para pedagang motor bekas rupanya punya cara tersendiri agar barang dagangan terlihat demikian. Hal ini tentu menarik untuk dicermati, karena siapa tahu trik mereka bisa diterapkan para pemilik motor.

Simon, pemilik showroom motor bekas Luminta Motor di Bekasi Barat mengatakan, cara ini sebenarnya bisa diterapkan para pemilik motor.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Langkah pertama, tentu mencuci bersih terlebih dahulu dan selanjutnya dilakukan sejumlah polesan dengan beberapa tahapan. "Cukup dipoles dengan bahan kimia yang ada di pasaran," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 21 Juli 2017.

Cara memolesnya pun tak dilakukan dengan arah ke atas dan ke bawah, namun memutar agar tak merusak lapisan cat. Sementara menurut Vickry Aprilianto, pedagang motor bekas di Depok, Jawa Barat, pada motor yang terdapat goresan bisa diatasi dengan kompon halus dan sanpoly.

Motor Lama Tidak Dipakai Harus Cabut Aki? Ini Jawabannya

"Kompon diberikan secara merata untuk lebih memperhalus permukaan cat, lakukan proses penghalusan ini dengan cara lap bagian yang telah diberi kompon tadi dengan lap. Caranya, gerakkan lap dengan cara memutar searah hingga benar-benar bersih dan licin," kata dia.

Sedangkan untuk menghapus goresan di bagian plastik seperti dek, dan spakbor belakang, Anda bisa menggunakan semir ban. Cara pengerjaannya, kata Vickry, jangan langsung mengoleskan semir dari kemasannya seperti menyemir sepatu. Anda harus menuangkan semir tersebut dan menggunakan spons untuk mengoleskannnya ke dek.

"Ini juga bisa bikin kinclong area konsol speedometer, bagian dek atas, isi bagasi, hingga cover knalpot," kata dia.

Namun, setelah menyemir bagian-bagian tersebut, motor jangan langsung dipakai. Sebab semir ban terkenal licin, jadi biarkan semir ban mengering. Setelah itu Anda bisa lanjut mengelap sisa-sisa semir ban yang masih ada di dek, atau bagian lainnya. 

Hal senada juga diungkapkan Abdillah, pemilik Kayna Motor di wilayah Condet, Jakarta Timur. Ia menjelaskan bila motor yang hendak dijual akan dicuci terlebih dahulu. "Pasti dicuci dulu, kami bersihkan yang kotor-kotor agar tampak menarik. Lalu kami poles dengan cairan yang banyak dijual di pasaran agar tampak mengkilap," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya