Sejak Ignis Muncul, Penjualan City Car Model Lain Tiarap

Melihat Dari Dekat Mobil Baru Suzuki Ignis
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Pasar otomotif Tanah Air belum lama ini kehadiran pendatang baru dari segmen city car, yakni Suzuki Ignis. Menariknya meski tergolong masih sangat belia di Indonesia, namun penjualannya langsung moncer, mengalahkan beberapa rivalnya di kelas yang sama.

Mobil Mirip Alphard Ini Dijual Cuma Rp84 Juta, Sudah Ada di Diler

Data penjualan yang dipaparkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, dari Maret sampai Juni 2017, Ignis dapat terjual sebanyak 5.524 unit. Angka itu bahkan melampaui penjualan Honda Brio dari Januari sampai Juni 2017 dengan angka 5.295 unit.

Di periode yang sama pula --kuartal I 2017, Nissan March yang juga masuk kelas city car hanya mencatatkan penjualan 1.563 unit, diikuti Mitsubishi Mirage 1.076 unit dan Daihatsu Sirion hanya 815 unit.

Suzuki Ignis Masih Dilirik di Tengah Gempuran Pasar Mobil SUV

Atas hal ini, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra turut menanggapi kemunculan Ignis di Indonesia. Dia mengakui penjualan mobil perkotaan di nusantara belakangan memang tengah menurun karena hadirnya pendatang baru, Suzuki Ignis.

“Pasar city car langsung didominasi Ignis. Dia tampil dengan bentuk yang totaly different, semua pasar city car tengkurep termasuk Sirion. Pengaruhnya sebenarnya untuk semua city car seperti Brio, Mirage,dan Nissan March,” ujar Amel kepada wartawan di Pulau Morotai, Maluku Utara, Jumat 21 Juli 2017.

List of Cars that Will Become Trend in Indonesia 2023

Dia juga menyampaikan, kemunculan Ignis memang sudah mengubah pasar city car. Namun ada catatan tersendiri yang hingga kini masih jadi pertanyaan banyak pihak termasuk dirinya. “Pertanyaanya apakah Ignis long less atau bertahan lama? Mengaca pada kasus Nissan Juke yang keluar dengan gebrakan di awal, namun sekarang penjualannya hanya puluhan unit,” tuturnya.

Daihatsu diakuinya tengah mempersiapkan Sirion terbaru untuk membendung manuver Ignis. Daihatsu berharap kemunculan Sirion terbaru dapat memberi kontribusi positif pada penjualan city car mereka.

Wuling Air ev Lite di GIIAS 2023

8 Mobil Baru 2023 di Bawah Rp200 Juta

Pada bulan Oktober 2023, terdapat beragam pilihan mobil baru di bawah Rp200 juta untuk wilayah DKI Jakarta. Mobil-mobil ini menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi yang

img_title
VIVA.co.id
7 Oktober 2023