Masih Bingung Cara Ganti Ban Serep Mobil? Baca Ini

Ban serep atau cadangan mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry

VIVA.co.id – Masih banyak pengguna mobil yang belum mengetahui cara membongkar dan memasang ban yang benar dan aman. Padahal, hal itu merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki pengguna kendaraan roda empat.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sebenarnya, membongkar dan memasang ban mobil mudah dilakukan. Menurut Instruktur Technical Service Training PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ichsan Adi Permana, langkah pertama yang harus dilakukan yakni pastikan mobil terparkir di tempat yang aman.

Setelah itu mulai lah menyiapkan peralatan untuk membongkar dan mengganti ban mobil. Pastikan pula ban serep atau cadangan masih dalam kondisi yang baik, baik fisik dan tekanan udaranya sehingga aman digunakan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Selanjutnya adalah melepas ban yang bermasalah. Kendorkan baut roda ban yang bermasalah dengan menggunakan kunci roda, putar berlawanan arah secukupnya hingga kendor sedikit," kata Ichsan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 25 Juli 2017.

Setelah baut roda kendur, mulai dongkrak kendaraan dengan menggunakan dongkrak yang tersedia pada sisi di mana ban itu bermasalah, posisi meletakan dongkrak berbeda beda tergantung tipe mobil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Usahakan diletakan di tempat yang memang keras seperti di pangkal rocker panel atau di housing gardan, posisi peletakan dongkrak bisa ditemukan pada buku panduan pemilik mobil.

"Setelah kendaraan terangkat sedikit, pastikan posisi dongkrak sudah aman, kemudian lanjutkan melepas ban dengan melepas mur roda satu persatu," ujarnya.

Lalu pasang roda cadangan, dan pasang pula mur roda hingga dikencangkan dengan tangan merata. Turunkan kendaraan, kemudian kencangkan setiap mur dengan kuat dengan urutan menyilang, waktu pengencangan roda sekitar 10.5 kgf.m.

"Usahakan jangan menggunakan peralatan selain tangan Anda, seperti pipa atau palu, karena bisa merusak baut roda," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya