Laku Tidaknya Mobil di China Bukan dari Mesin, Tapi Baunya

Pewangi kabin mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Pada umumnya, setiap orang menyukai bau khas yang ada pada mobil baru. Tak jarang, kebanyakan dari mereka rela membeli pengharum untuk mobil lamanya agar wangi seperti mobil baru.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Namun hal berbeda terjadi di Tiongkok. Masyarakat di negara tersebut justru tak ingin mencium bau apa pun pada mobil barunya. Tak heran sejumlah produsen otomotif seperti pabrikan Ford, selalu menguji bahan apa yang ada di tiap produk yang akan dijual di negeri Tirai Bambu itu.

"Di Amerika Utara, orang menginginkan bau mobil baru dan bahkan akan membeli pewangi mobil baru agar mobil tuanya terasa seperti baru dan segar. Tapi di Tiongkok malah sebaliknya," kata Supervisor Teknik Material Ford Tiongkok Andy Pan dilansir Autoblog.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Disebutkan bahwa bau mobil baru di Tiongkok memiliki efek yang luar biasa. Sebuah laporan Power JD, bau mobil yang dianggap tidak menyenangkan menjadi perhatian utama para pembeli mobil ketimbang memerhatikan masalah mesin dan konsumsi bahan bakar.

Bahkan Ford sendiri melakukan 300 uji mobil per tahun di Tiongkok. Artinya, angka itu sepertiga lebih banyak dibanding di Eropa hanya untuk memastikan bahwa bau pada mobil barunya tidak memiliki wangi khas.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Tak jelas bau khas yang terdapat pada mobil baru, yang pasti seorang warga di Zhejiang, Tom, mengaku bahwa dirinya akan lebih berhati-hati saat membeli mobil baru.

"Bau di dalam mobil sangat menyengat. Dengan mobil berikutnya yang saya beli, saya akan lebih berhati-hati untuk mencium bau aneh apa pun," kata Tom yang membeli mobil baru pada Oktober tahun lalu.

Namun demikian, bau bukanlah salah satu faktor pabrikan dalam memasarkan produknya di Tiongkok. Konsumen di negara tersebut cenderung memilih model dan energi terbaru yang dibenamkan pada kendaraan tersebut.

"Ketika saya tinggal di Amerika Serikat, saya mungkin akan melihat suspensi atau mesinnya. Di Tiongkok, orang-orang membuka mobil dan duduk di dalam. Jika baunya tidak cukup baik, mereka pikir itu akan membahayakan kesehatan mereka," ujar Don Yu, Manajer Umum CGT produsen jok mobil dan dasbor untuk General Motors, Volkswagen dan Ford di Tiongkok. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya