Panduan Gaya Custom Ringan Motor Ace Scrambler

Andi Akbar, builder bengkel Katros Garage.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry

VIVA.co.id – PT Sumatra Motor Indonesia (SMI) sebagai agen pemegang merek Cleveland CycleWerks di Indonesia sudah memiliki 2 varian Ace yakni, Deluxe bergaya tracker dan scrambler. Untuk jantung pacu sama-sama menggendong mesin 250cc.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Yang membuat perbedaan dari keduanya, dimensi tangki scrambler lebih besar, desain bodi samping dan kaki-kaki seperti diameter velg dan ban. Scrambler ini juga dibawa utuh dari Amerika Serikat yang dibanderol Rp62 jutaan on the road.

Karena tampilannya sudah mencirikan motor retro, gaya custom seperti apa yang cocok untuk motor satu ini?

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Andi Akbar, builder bengkel Katros Garage, mengatakan custom itu ada ringan dan berat. Kata dia, kalau berat tentu sampai mengubah bodi, sasis dan komponen penting lainnya. Jadi untuk konsepnya berbeda-beda tergantung kebutuhan.

"Untuk konsep ringan bisa tambah beberapa part, misalnya, skid plate karena motor ini sudah bergaya scrambler jadi diberikan engine guard kayak pelat pelindung mesin bawah. Dan ganti kulit jok, serta tank ped bahan kulit yang warnanya senada dengan kulit jok," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Kata Atenk, panggilan akrabnya, untuk jok bisa menggunakan bahan kulit warna cokelat pun dengan pelindung dengkul di tangki atau tank ped. Untuk motif jok bisa gunakan model wajik dengan jahitan benang putih jika ingin lebih detail.

"Penerangan, lampu depan karena masih halogen, bisa juga ganti Daymaker LED jadi satu set dengan headlamp. Bodi-bodi juga bisa dicat atau airbrush, tapi tetap hijau agar sama dengan warna STNK," katanya.

Selain itu, karena cover bodi samping terdapat number pelat '216' bawaan Cleveland, lanjut dia, bisa dibuat polos atau ganti angka lain dengan cuting sticker. Karena pelat number tersebut bisa dilepas terpisah yang hanya terikat dengan tiga baut.

Tedja, builder bengkel Imaginering Custom, “Saya custom tidak menghilangkan basic motornya, dengan kata lain tetap dialiran scrambler. Dengan ban big block dan bodi kit," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya