Cara Hemat Akali Kebocoran Radiator Mobil, Pakai Sabun

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Sistem pendingin mobil terdapat beberapa komponen penting seperti radiator, selang radiator, fan atau kipas, kompresor, kondesor yang saling berhubungan. Nah, dari sejumlah komponen tersebut ada satu yang bisa diakali saat mengalami kerusakan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Komponen tersebut adalah selang radiator yang bisa diakali dengan sabun atau dipotong ketika mengalami kebocoran. Tapi, cara ini hanya berlaku sementara untuk kondisi darurat saja.

Ali selaku Service Advisor bengkel resmi Honda, mengatakan, biasanya kalau di selang-selang radiator mengalami kebocoran, tentu indikator temperatur mesin akan menyala. Karena radiator tidak berfungsi maksimal maka suhu mesin lebih panas dari biasanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Jika selang bocor di ujung dekat pipa radiator bisa dipotong untuk sementara bagian yang bocor dan disambung lagi. Tapi, ini hanya untuk situasi darurat, karena kalau dibiarkan saja akan bocor kembali," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Lanjut dia, jika bocornya di tengah sudah tidak bisa diakali dengan dipotong, tentu harus ganti. Tapi, kalau benar-benar darurat sebenarnya bisa saja pakai sabun ditambal bagian yang bocor tapi enggak awet, karena selang yang terbuat dari bahan karet.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Kalau selang bocor penyebabnya faktor usia dan umurnya di atas 4-6 tahun, karena terbuat dari bahan karet, daya elastisnya akan menurun jika sering terkena panas dari hawa mesin. Efeknya selang akan keras dan jika dibiarkan getas," katanya. (ase)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022