Catat, Kerugian Isi Bensin Sampai Luber

Harga Nozzle Pertamax.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Tak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang sering mengisi bahan bakar terlalu penuh alias full tank. Alasan klasiknya adalah agar tidak capek bolak-balik ke stasiun pengisian bahan bakar umum.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun ternyata, mengisi bahan bakar terlalu penuh memiliki dampak negatif. Seperti dikutip dari laman Daihatsu, Jumat 4 Agustus 2017, efek buruknya adalah bahan bakar akan terbuang dengan sia-sia alias bisa membuat boros. Setiap tangki kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa yang fungsinya mengurangi tekanan yang dihasilkan bahan bakar saat ada di dalam tangki.

Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul dari hasil ekspansi bahan bakar akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga bahan bakar terbuang percuma. Dengan itu tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang alias tidak mengendap.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jadi, setiap bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap balik ke tangki SPBU.Hal ini lantaran mesin pengisian bahan bakar sudah canggih, yakni dilengkapi dengan penghisap uap bensin. Saat selang pengisian mendeteksi bensin yang diisikan sudah penuh, maka penghisap secara otomatis menyedot uap bensin yang keluar dari lubang pengisian kendaraan.

Mengisi bensin terlalu penuh juga mengganggu kesehatan. Setiap bensin yang tumpah atau menguap menjadi faktor penyumbang polusi udara. Dalam pengisiannya, disarankan untuk berhenti setelah muncul bunyi "plop" pertama dari mesin pengisi. Saat isi bensin biarkan tetap ada ruang antara bensin dan leher tangki. (ren)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022