Penyebab Tarikan Skutik Berat dan Ongkos Perbaikannya

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA.co.id – Tarikan sepeda motor yang terasa berat pasti pernah dialami sebagian pengendara, tak terkecuali pengguna skuter matik. Karena lamanya pemakaian, performa tunggangan semakin lama bakal semakin berkurang. Namun tarikan motor terasa berat bisa dicegah dengan mengetahui apa saja penyebabnya. Hal ini agar pengendara tak mudah lelah saat berkendara di jalan raya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Penggawa bengkel Clinic Motor, Eko Safitrianto mengatakan, tarikan motor berat bisa jadi disebabkan karena kabel gas sudah kotor. Dianjurkan kabel gas dicek saat servis berkala. "Kabel gas jarang dibersihkan bisa bikin kotor, akibatnya gas enggak narik. Bagusnya waktu diservis berkala sekalian dicek kabel gasnya. Ongkos bersihinnya Rp20 ribuan" kata Eko kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Jika tarikan motor sudah loyo, kata dia, masalah bisa jadi terletak pada bagian CVT. Seperti V-belt, roller hingga rumah kopling. Disarankan komponen CVT dibersihkan tiap 3.000 kilometer. "Kalau bersihkan komponen CVT ongkosnya Rp35 ribu, kalau V-belt sudah putus kan harus diganti harganya Rp200 ribu, kalau mau ganti rumah roller sekitar Rp135 ribu," ujarnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Terpisah, mekanik bengkel resmi Honda Raden Inten Jakarta, Sulaeman mengatakan, tarikan skutik bisa jadi karena kopling ganda sudah aus. Kopling ganda harus diganti tiap 24.000 kilometer.

"Kampas ganda sudah tipis sih kalau tarikan berat. Kemungkinan itu saja, soalnya fungsi kopling ganda buat tarikan motor enteng. Kalau sudah berat, kampas ganda sudah tipis. Mau ganti harganya sekitar Rp150 ribu-Rp300 ribu tergantung model motor," kata dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Ilustrasi CVT motor matik.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

CVT merupakan komponen penting dalam motor matik dan memiliki beberapa bagian yang wajib diperhatikan serta perawatan berkala.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2022