Mana Lebih Bikin Cepat Rusak Ban, Jalan Beton atau Aspal

Tol Cipali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syahrino Putama

VIVA.co.id – Jalanan di Indonesia saat ini tidak hanya dilapisi dengan aspal, tetapi banyak juga jalan yang menggunakan beton. Kondisi lapisan jalanan yang berbeda ini ternyata memengaruhi tingkat keausan ban mobil. Lalu mana yang lebih bersahabat dengan ban kendaraan, jalanan aspal atau beton?

Miris! Aksi Pinkan Mambo Dipaksa Suami Ngamen di Lampu Merah Bikin Warganet Ngelus Dada

Menurut Executive Vice President Marketing & Sales Replacement MC PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo, mobil yang kerap melewati jalanan berlapis beton, ternyata lebih memangkas usia ban kendaraan.

"Kalau untuk cepat aus itu kendaraan yang sering melewati jalanan beton. Terlebih kalau stop and go (jalanan macet)," kata Arijanto.

Kombes Latif Bakal Copot Baliho Caleg yang Ganggu Pengendara di Jalan Raya

Selain itu, Arijanto juga mengatakan, saat mobil melintasi jalanan yang hanya menggunakan beton, maka gesekan antara karet ban dengan permukaan jalan menjadi lebih keras. Hal ini membuat karet tapak ban menjadi lebih cepat terkikis.

Selain itu, suhu permukaan jalan baik aspal maupun beton, juga menjadi salah satu penyebab karet bundar ini semakin menipis. "Karena memang yang melewati jalanan beton itu mengalami gesekan lebih besar dibandingkan aspal," ujarnya. (mus)
 

Hujan Deras di Jambi, Jalan Raya Putus Akibat Longsor
Viral Pengendara Sepeda Listrik Nekat Lawan Arah Bikin Truk Mengalah

Viral Pengendara Sepeda Listrik Nekat Lawan Arus Bikin Truk Mengalah

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @dramaojol.id pada Selasa, 19 Maret 2024, menunjukkan seorang Ibu yang mengendarai sepeda listrik roda tiga nekat melawan arah

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024