Mengapa Spooring dan Balancing Penting? Hemat Ban dan BBM

Spooring roda mobil.
Sumber :
  • Kiosban

VIVA.co.id – Masih banyak pemilik mobil yang menganggap spooring dan balancing bukan hal mendesak untuk dilakukan. Padahal, dengan rutin melakukan dua hal tersebut performa kendaraan tentu menjadi lebih baik.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam kesempatan ini, VIVA.co.id akan kembali membahas kegunaan spooring dan balancing dengan menemui ahlinya langsung. Menurut Luki, seorang spesialis spooring dan balancing yang ditemui di GIIAS, ada beberapa keuntungan melakukan dua hal itu.

"Spooring dan balancing menjadi dua hal yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi mobil Anda optimal. Selain itu banyak manfaat lain yang Anda dapatkan dari dua hal itu," kata Luki, Selasa 15 Agustus 2017.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Luki sendiri membedakan keuntungan spooring dan balancing mengingat dua hal ini memang sangat berbeda.

Spooring merupakan sebuah proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Sedangkan balancing adalah menyeimbangkan kembali empat roda mobil agar putarannya seimbang.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Keuntungan spooring menurut Luki diantaranya dapat mengurangi keausan ban, pengendalian mobil menjadi lebih stabil, kendaraan lebih aman dikendarai, dan tentunya dapat mengirit bahan bakar.

Lalu untuk keuntungan balancing adalah meningkatkan kenyamanan berkendara dan tentunya dapat mengetahui kondisi ban, velg dan baut pada mobil.

Untuk rentan waktu kapan sebaiknya Anda melakukan spooring dan balancing adalah setiap 10 ribu km atau setiap 6 bulan sekali. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya