Daftar Calon 'Korban' Mitsubishi Xpander

World Premier Mitsubishi Xpander
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Dalam pameran GIIAS 2017, salah satu stan yang banyak didatangi pengunjung adalah milik Mitsubishi.

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

Pada stan tersebut, pabrikan mobil asal Jepang itu memamerkan kendaraan baru mereka yang diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, yakni Xpander.

Meluncur perdana di GIIAS tahun ini, Xpander langsung dibanjiri peminat. Bentuknya yang gagah mengingatkan orang akan desain Pajero Sport, meski sejatinya mobil tersebut merupakan sebuah mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang.

Ada Promo Menarik Tukar Tambah Mobil di JAW 2022

Berdasarkan informasi dari Mitsubishi Indonesia, per Senin 14 Agustus kemarin peminat Xpander sudah mencapai lebih dari 1.400 orang. Angka tersebut baru sebatas pameran di ICE BSD, Tangerang Selatan saja.

Sementara, di Medan Xpander sukses dipesan oleh lebih dari 300 orang, dan di Surabaya ada lebih dari 200 konsumen yang membuat surat pemesanan kendaraan.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

Artinya, kurang dari satu pekan Xpander sudah laku sekitar 2.000 unit. Padahal, Mitsubishi hanya memasang target sebanyak 3-4 ribu unit saja dalam satu bulan.

Peluncuran Mitsubishi Xpander di Kota Medan

Peluncuran Mitsubishi Xpander di Medan (Foto: VIVA.co.id/Toto Pribadi)

Cukup tingginya penjualan Xpander otomatis menjadi ancaman bagi beberapa mobil lain yang masuk dalam kategori sama, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.

Menurut data dari Gaikindo yang diterima VIVA.co.id, penjualan Avanza selama 2017 per bulan rata-rata sekitar 10 ribu unit. Ini tentu membuat Xpander mustahil bisa mengejarnya dalam waktu dekat.

Namun, Xpander bisa menjadi ancaman bagi Honda Mobilio, yang saat ini menempati posisi dua low multi purpose vehicle (MPV) terlaris di 2017. Penjualan Mobilio rata-rata mencapai 3.800 unit per bulan.

Jika grafik penjualan terus bertahan hingga akhir tahun, maka Xenia dan Ertiga bisa disalip penjualannya oleh Xpander. Penjualan rata-rata Xenia hingga bulan keenam tahun ini adalah 3.100 unit, sementara Ertiga sekitar 3.000 unit.

Honda BR-V.

Honda BR-V (Foto: VIVA.co.id/Dian Tami)

Meski berbeda segmen, namun Honda BR-V juga memiliki kemungkinan untuk tergerus pasarnya oleh Xpander. Sebab, secara desain kedua mobil tersebut tidak jauh berbeda, yakni mobil keluarga yang bentuknya macho dan gagah.

Harga BR-V tipe S dan E dengan transmisi manual juga tidak berbeda jauh dengan Xpander seri Ultimate bertransmisi otomatis. BR-V S MT dibanderol Rp233 juta dan BR-V E MT Rp243 juta. Sementara, Xpander Ulitmate AT ditawarkan dengan harga Rp245 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya