Cara Mudah Ketahui Bodi Mobil Bekas Dempulan dan Patah

Penjualan mobil bekas di MGK Kemayoran. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Beragam cara dilakukan para penjual mobil bekas, agar barang dagangannya laku terjual. Di antaranya, memoles mobil agar kinclong dan menarik perhatian calon konsumen. Namun, jangan tertipu, sebab ada saja penjual yang mengakali kondisi bodi yang sudah patah dengan klip, atau menambalnya dengan dempul, lalu dicat ulang.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ini tentu merugikan konsumen, karena alih-alih ingin mendapat mobil bekas dengan kondisi baik, namun ternyata sekadar akal-akalan poles penjual belaka. Fenomena ini disampaikan Ahmad, pemilik showroom mobil bekas Anugerah Motor, Pangkalan Jati, Jakarta Timur.

“Jadi, seperti klip bumper yang patah, klip gril yang patah, mestinya diganti tapi biasanya cuma diakali pakai kawat begitu. Ya namanya mobil bekas apalagi pemakaian di Jakarta,” ujar Ahmad, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 29 Agustus 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Untuk mengetahui bodi mobil yang sudah bekas dempulan dan di cat ulang, Ahmad berbagi tips. Kata dia, itu bisa dilakukan dengan menerapkan cara lama, yakni dengan mengetuk bodi mobil dengan tangan. Tapi tidak semua orang bisa mengetahui itu, kecuali klip yang menutupi bodi patah.

“Itu cara lawas, tetapi masih bisa diandalkan asal kuping masih bagus bedakan suara pelat ringan sama pelat tebal. Cara lain dilihat pakai mata bayangan bodinya, biasanya kalau yang pengerjaannya jelek kelihatan bayangan,” tuturnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Cara lain yang biasa diterapkan para penjual mobil bekas agar barang dagangan kembali mulus adalah memperbaiki jok, setir yang dicat ulang kulitnya. Kalau untuk kasus tersebut, menurutnya bukan cara yang nakal, karena memang untuk menutupi cacat yang sudah ada, mengingat mahalnya jika melakukan penggantian kulit baru.

Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 di Cikole, Bandung

Harga Hyundai Ioniq 5 di Bursa Mobil Bekas Tembus Rp1 Miliar

Sejak pertama kali diluncurkan di pameran IIMS 2022, sampai saat ini sudah ada ribuan orang yang memesan mobil Hyundai bebas emisi tersebut. Namun mereka harus rela inden

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2022