Teknik yang Benar Saat akan Jatuh Mengendarai Moge

Ilustrasi moge jatuh.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Mengangkat sepeda motor yang jatuh, apalagi kapasitas mesinnya besar, bukan perkara mudah. Masalahnya, motor gede itu sangat berat. Jika salah mendirikannya, maka akan banyak risiko yang akan dialami.

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

Direktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, mengatakan, risiko yang akan dialami jika mengangkat moge yang jatuh secara sembarangan adalah cedera.

"Tulang pinggul bisa lepas, kaki bisa patah karena mencoba menahan motornya. Padahal ya jangan khawatir, karena motornya sudah sudah ada pelindungnya," kata Jusri kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Ada Sepeda Motor Keren yang Bakal Meluncur Bulan Ini

Alangkah baiknya, kata dia, meminta bantuan orang lain untuk mengangkat moge yang jatuh. Hal itu Demi meminimalisir cedera yang dialami ketika mendirikan motor berbodi bongsor tersebut.

"Kalau ada kesempatan, ya segera minta bantuan. Kalau enggak ada, ya harus hati-hati. Selain cedera tulang pinggul bisa cedera tulang punggung. Tulang punggung kita ini punya saraf. Kalau salah angkat, bisa menimbulkan efek buruk seperti lumpuh," ujarnya.

Kaki Patah Tertimpa Moge, Hanung Bramantyo: 2 Bulan Baru Bisa Naik Motor Lagi

Dia mengatakan, saat motor oleng dan akan terjatuh, sebaiknya dibiarkan saja. Sebab, motor tersebut telah dilengkapi dengan sistem pelindung. Sehingga, kemungkinan ada komponen yang rusak itu kecil.

"Kebanyakan, orang kalau motornya mau jatuh itu ditahan motornya. Karena, motor harganya miliaran rupiah. Padahal, dibiarkan jatuh saja, enggak usah ditahan. Kan sudah ada pelindung," kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Pemprov DKI Anggarkan Rp 6,3 M Beli Moge Listrik, Dipakai Kawal Gubernur

Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp 6,3 miliar untuk membeli 5 unit motor gede (moge) listrik yang akan digunakan mengawal pimpinan VVIP.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024