Tarikan Gas Motor Terasa Berat, Ini Penyakitnya

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Memiliki sepeda motor yang sudah bertahun-tahun tentu berbeda dengan yang baru. Banyak masalah yang mendera tunggangan seiring dengan lamanya pemakaian. Apalagi jika pemilik malas merawat roda duanya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Salah satu penyakit yang dialami roda dua yang sudah berumur biasanya tarikan gas motor yang terasa berat. Tarikannya ngadat dan bikin lelah saat dikendarai.

Mekanik bengkel resmi Yamaha di Rawamangun, Jajang mengatakan, bahwa tarikan gas motor terasa berat biasanya diakibatkan tali gas motor yang sudah kotor.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Biasanya tali atau kabel gasnya kotor. Kenapa kotor karena banyak debu dan kena hujan bisa jadi tarikannya seret," kata Jajang kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Selain bermasalah pada tali atau kabel gas, tarikan gas motor terasa berat bisa juga dipengaruhi dari setang motor yang mulai korosi. Sehingga karat yang menempel membebani tarikan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Umumnya yang banyak terjadi sih itu, kabelnya gasnya sudah mulai karat. Kalau sudah begitu diganti sih biar nyaman," ujarnya.

Dia menyarankan, pemilik mengganti kabel gas bila mulai aus. Sebab hal itu mempengaruhi performa dan kenyamanan berkendara.

"Makanya harus diperiksa dulu ya, kalau memang kabel gasnya yang bermasalah ya harus diganti. Kalau di Yamaha harganya sekitar Rp75 - 125 ribu ganti kabel gas." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya