Gunakan Oli Bekas Pada Rantai Motor Ternyata Berbahaya

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Usia rantai sepeda motor akan lebih pendek apabila sering terkena air, debu tanpa adanya perawatan yang diberikan. Air disebutkan dapat membuat rantai mengalami korosi dan debu dapat menyebabkan rantai cepat kendur.

Tips Bersihkan Rantai Motor Trail yang Sering Dipakai Trabasan

Perawatan paling mudah untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah melumasi rantai motor dengan pelumas rantai. Namun banyak pengendara atau bengkel lebih memilih menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai, yang dapat membuat rantai motor cepat kendur.

"Penggunaan oli bekas itu tidak disarankan, karena dapat membuat rantai motor lebih cepat kendur dan melar. Sehingga lebih baik rantai motor itu menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas,” kata Service Advisor R Series, Adit kepada VIVA.co.id.

Kenali Bahaya Bersihkan Rantai Motor Pakai Bensin

Selain itu, Adit juga menyebutkan bila penggunaan oli bekas dapat membuat komponen rantai cepat rusak. Sehingga, akan lebih baik bila pemilik kendaraan menghindari penggunaan oli bekas.

“Penggunaan oli bekas itu dapat merusak komponen-komponen yang ada dirantai, seperti O-ring. Sehingga rantai motor itu harus menggunakan pelumas tersendiri, seperti Chain Lube,” katanya. (mus)

Kapan Rantai Motor Sebaiknya Dibersihkan?
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022