Mengenal Fungsi Dempul untuk Perbaikan Mobil Penyok

Dempul mobil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Saat memperbaiki bodi mobil atau hendak melakukan pengecatan ulang, bengkel biasanya menggunakan dempul pada bodi mobil. Bahan dempul ternyata bisa membantu meratakan bodi sebelum dilakukan pengecatan

Bisnis Perbaikan Bodi dan Cat Mobil Semakin Menjanjikan

Ricky Abdullah Putra, pemilik bodi repair Djuan Motor di Jakarta Timur mengatakan, dempul sampai sekarang masih dipakai di bengkel perbaikan bodi mobil.

"Dempul sangat penting, bahkan jadi salah satu proses yang harus dilakukan saat orang mau repair (perbaikan bodi rusak), atau hanya sekadar repaint (mengecat ulang) mobilnya," kata dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 26 September 2017.

Catat, Ini Bengkel Rekomendasi Saat Mudik Ruas Semarang-Solo

Berbeda dari pengerjaan di pabrik yang menggunakan robot, kata Ricky, bengkel perbaikan bodi mobil melakukan proses perbaikan dengan cara manual. Artinya, plat bodi diketok dengan tangan sampai penyok hilang atau permukaannya kembali rata.

"Nah setelah diketok semua, rapih dan rata kan enggak bisa langsung dicat, kita lapisi dempul dulu. Jadi permukaannya benar-benar rata dan halus, kemudian di poxy, setelah itu baru naik cat dan dilapisi pernis," kata dia.

Pemerintah Malaysia Baik ke Pemilik Mobil Korban Banjir

Untuk lama proses pendempulan, kata dia, tergantung kondisi mobil dan mekanik yang mengerjakan. Namun yang pasti, kata Ricky, proses pendempulan tidak bisa dilewati saat melakukan body repair.

"Untuk pengerjaan lihat kondisi mobilnya, plat-nya tebal atau tipis. Kemudian lihat juga kemampuan tukang dempul, tapi yang jelas ini penting," kata dia.

Bengkel mobil di Kembangan, Jakarta Barat, hangus terbakar

Bengkel Mobil di Kembangan Kebakaran Diduga Akibat Korsleting AC

Bengkel mobil Mitra Otomotif Utama di Kembangan, Jakarta Barat, kebakaradilalap si jago merah, pagi ini, akibat korsleting listrik

img_title
VIVA.co.id
2 Juni 2023