Musim Hujan, Idealnya Pakai Helm Half Face atau Full Face

Helm motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Helm merupakan salah satu perangkat yang wajib digunakan para pengendara motor. Mengingat, fungsinya yang mampu memberikan perlindungan terhadap saat mengalami benturan apabila terjadi kecelakaan.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Memasuki musim penghujan, para pengendara kendaraan bermotor, khususnya roda dua, diwajibkan lebih ekstra hati-hati saat berkendara. 

Hal tersebut dikarenakan jarak pandang menjadi terbatas saat berkendara di tengah hujan. Karena hal tersebut, pemilihan helm merupakan faktor penting yang harus selalu diperhatikan.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengatakan, saat ini terdapat dua jenis helm yakni, Full-Face dan Half-Face

"Saat hujan itu pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati. Pandangan terbatas adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan, sehingga pemilihan helm yang nyaman sangat penting," katanya kepada VIVA.co.id.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Jusri menyarankan pengendara sepeda motor untuk lebih memilih menggunakan helm Full-Face dibandingkan Half-Face. Bukan hanya saat hujan, helm Full-Face dinilai lebih ideal digunakan saat berkendara kapan pun waktunya.

"Helm yang ideal itu tentu saja Full-Face. Tapi, minimum harus gunakan Half-Face. Jangan sampai tidak gunakan helm sama sekali. Kaca pada helm juga harus diperhatikan agar nyaman berkendara saat hujan," ujarnya.

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022