Cara Mengatasi Knalpot Honda BeAT yang 'Nembak'

All New Honda BeAT Injeksi. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Beberapa pengendara motor Honda BeAT karburator mengeluhkan knalpot yang sering kali meletup ketika sedang berkendara. Saat tuas gas ditutup, letupan tersebut terjadi. Tidak keras memang, hanya saja cukup mengurangi kenyamanan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Jika hal itu terjadi pada motor Anda, maka ada beberapa komponen yang wajib diperiksa. Dilansir dari Honda Community, Selasa 3 Oktober 2017, pertama yang perlu dilakukan adalah cek SASS (secondary air suplay system).

Fungsi SASS yakni mengatur semprotan udara bersih agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran, yang nantinya diolah jadi gas ramah lingkungan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Masalahnya, kalau aliran udara pada komponen itu ada yang tidak beres, bisa menimbulkan letupan. Cek selang-selang SASS, kalau-kalau ada yang terjepit atau terlipat. Kalau hal itu tak ditemui, langsung periksa katup di dalam SASS.

Katup itu berfungsi mengatur aliran udara bersih dan gas karbon dari sisa pembakaran mesin. Katup itu bisa saja tidak membuka-tutup secara sempurna, akibat adanya kotoran yang menyelinap ke permukaan katup.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Langkah yang tepat adalah meminta bantuan bengkel resmi untuk membersihkan katup itu, karena di dalam buku panduan manual, SASS hanya boleh dibuka oleh mekanik resmi.

Knalpot ‘nembak’ juga bisa terjadi akibat pengaturan debit bensin di karburator tidak sesuai dengan anjuran pabrik. Atur ulang sekrup udara pada karburator untuk mengatasi hal tersebut.

Jika gejala meletup tak kunjung hilang, lanjut membersihkan bagian dalam karburator. Kalau main jet atau pilot jet tersumbat kerak bensin, hal itu bisa bikin suplai bensin terganggu. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya