Banyak yang Belum Tahu, 5 Penyebab Cat Motor Kusam

Cuci motor steam.
Sumber :
  • Aripitstop

VIVA.co.id – Setiap pemilik sepeda motor menginginkan tunggangannya terlihat bersih dan kinclong. Motor kusam dan warna cat mulai memudar. tentu tak sedap dipandang mata. Sebab, motor yang bersih dan terawat juga bisa membuat pemiliknya percaya diri saat mengendarainya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Seperti yang dilansir situs resmi Honda, Kamis 12 Oktober 2017, ada beberapa hal yang bisa membuat warna cat sepeda motor memudar, dan tidak diketahui para pemiliknya. Pertama adalah sinar matahari. Motor cepat kusam dan memudar, jika pemilik sering memarkirkan kendaraannya di tempat terbuka, karena sinar ultraviolet mampu mendekonstruksi lapisan cat.

Kedua adalah debu yang menempel. Debu yang dibiarkan menumpuk di bodi motor akan membuat daya kilap plastik semakin berkurang. Pemilik disarankan untuk rajin mencuci tunggangannya, jangan sampai debu sampai menebal di motor.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ketiga adalah terkena air hujan. Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilap cat motor. Terlebih lagi, zat ini dapat mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis.

Keempat yakni cipratan dan tumpahan minyak rem. Pemilik harus hati-hati saat mengerjakan perawatan mengganti minyak rem sendiri di rumah. Bisa dibilang minyak rem adalah salah satu musuh cat motor. Cipratan minyak rem dapat meresap ke dalam lapisan cat, maka itu jika terkena cipratan minyak lakukan pengelapan dengan lap mikrofiber.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Kelima, proses pencucian yang kurang baik juga bisa membuat kusam warna cat motor. Menggunakan sabun colek, atau deterjen bisa mengikis cat motor karena memiliki kandungan zat kimia keras.

Bercak setelah dicuci yang tertinggal pada bodi motor juga dapat membuat munculnya noda air, atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Solusinya lakukan pengeringan dengan sempurna menggunakan kanebo, atau kain halus agar tidak menggores cat motor. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022