Mobil Kebal Peluru, Bukan Hal Baru bagi Jaguar

Jaguar XJ 2.0
Sumber :
  • autoexpress

VIVA.co.id – Untuk memberi perlindungan berlebih bagi konsumen penting, beberapa pabrikan mobil sudah menciptakan teknologi khusus anti peluru pada sejumlah produknya. Seperti halnya untuk kepala negara, mobil jenis itu memang dibuat khusus.

Sempat Vakum, Jaguar Land Rover Kembali Hadir di Indonesia

Dari sederet merek yang telah menghadirkannya, ada jenama asal Inggris, Jaguar Land Rover. Merek kelas premium itu juga kemudian digunakan sebagai kendaraan dinas pemerintahan di beberapa negara di Eropa. Lantas bagaimana di Indonesia?

PT Wahana Auto Ekamarga sebagai agen pemegang merek Jaguar Land Rover di Indonesia menyatakan, pihaknya tentu memiliki akses untuk menghadirkan mobil kebal dari peluru ke Tanah Air. Penawaran pun juga sudah dilakukan, kendati hingga saat ini Pemerintah RI masih belum tertarik menggunakan mobil racikannya.

Mobil Offroad Generasi Terbaru Diuji Tabrak, Cuma Rusak Sedikit

Marketing and Communication Manager WAE, Tryfena Sri Raharjoe mengatakan, sejauh ini memang belum ada pihak di dalam negeri yang tertarik menggunakan merek Jaguar Land Rover anti peluru. 

"Kalau di Indonesia, saat ini belum ada yang memesan anti peluru Range Rover Jaguar. Kalau di luar sudah tersedia dan memang sudah ada yang pakai. Kalau dulu (Defender digunakan militer), zamannya Java Motor, TNI membeli banyak. Sekarang Defender sudah enggak ada dan kita belum ke arah sana," ujarnya di showroom JLR Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis 12 Oktober 2017.

Range Rover Ini Punya Fitur Mirip Mobil Presiden, Harganya Wow

Sementara itu, menurut Roland Staehler, selaku Chief Operating Officer PT WAE, kalau untuk penggunaan militer Indonesia, memang banyak yang menggunakan Land Rover, terutama Discovery. Tetapi, dirinya tidak tahu apakah itu anti peluru atau tidak.

Terus usaha

Selain untuk jajaran pemerintahan dan umum, Jaguar Land Rover juga terus berupaya menawarkan dagangannya dalam versi reguler ke sejumlah duta besar di Tanah Air. Untuk duta besar Inggris di Indonesia, memang sudah menggunakan Range Rover Discovery. Namun, mereka tak memesan melalui PT WAE, melainkan langsung ke JLR pusat.

"Kalau kedutaan, sekarang menggunakan Range Rover Discovery (sebelumnya Jaguar XJ), memang mobil kedutaan ini dia beli sendiri langsung dari Inggris. Tetapi, untuk servis kita yang tangani. Biasanya, mereka beli dari manufaktur Inggris," ujar Roland.

"Kalau nawarin kita pasti, ke semua kedutaan. Tetapi, rata-rata mereka bangga dengan brand masing-masing. Seperti Jerman dan Jepang bangga dengan brandnya, kayak Jepang kan fanatik banget dia," tambah Tryfena.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya