Wiper Mobil Bergerak Lambat, Apa Masalahnya?

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Wiper mobil di kaca depan maupun belakang dilengkapi dengan motor elektrik. Motor elektrik tersebut yang nantinya membuat wiper bergerak untuk menyapu air di permukaan kaca, terutama saat berkendara di cuaca hujan.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Seperti komponen mobil lainnya, motor elektrik wiper juga bisa mengalami kerusakan. Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor mengatakan, kerusakan motor wiper bisa dilihat dari gerakan wiper saat menyapu air di permukaan kaca mobil.

"Bisa dilihat dari gerakannya, kalau wiper mulai enggak lancar gerakannya, terus saat sakelar dimatikan tidak balik ke bawah, bisa jadi sudah mulai lemah motornya," kata Iwan kepada VIVA.co.id, Minggu 15 Oktober 2017.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Untuk wiper yang nyangkut atau tidak balik ke posisi semula, kata Iwan, bisa dilakukan pertolongan pertama dengan dibantu dengan digerakkan secara manual hingga ke posisi normal. "Pertolongan pertama, coba saja dibantu digerakkan oleh tangan, dan lihat masih bisa gerak atau enggak. Kalau wiper gerak tapi enggak lancar motornya lemah. Pengecekan lain, coba posisikan tuas di posisi ‘Hi’. Kalau tetap tidak gerak, jangan dipaksa karena bisa panas motor wipernya," ujarnya.

Sementara itu, Anjar Rosadi selaku koordinator eksekutif layanan teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, motor wiper dirancang untuk tahan lama. "Secara umum, motor wiper memang tahan lama. Cuma ya, balik lagi ke cara perawatan dan pemakaian mobilnya. Jadi tidak ada jarak kilometer tertentu untuk mengecek secara khusus," kata Anjar kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sayangnya, kata Anjar, saat komponen ini rusak, maka pemilik mobil harus siap mengeluarkan dana lebih untuk penggantian komponen.

"Sebenarnya memang jarang bermasalah motor. Tapi kalau sudah lemah atau rusak, bengkel resmi biasa menyarankan untuk langsung ganti karena takutnya kambuh lagi, nanti pas hujan repot. Untuk harga tergantung merek dan jenis mobil, tapi ambil contoh harga motor wipernya saja, Daihatsu Xenia itu Rp610 ribu," ujarnya. (art)

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022