Cara Terobos Banjir untuk Pemotor Pemula, Dijamin Aman

Pengendara sepeda motor nekat menerobos banjir di Mangga Dua, Jakarta, 21 Februari 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Berbicara mengenai faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, salah satunya adalah faktor lingkungan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Mulai dari jalan yang berlubang, berlumpur, berpasir, berkabut, hujan, dan faktor cuaca lainnya. Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, perlu beberapa penyesuaian dalam berkendara sepeda motor.

Saat berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan, salah satu halangan yang kerap ditemui adalah genangan banjir. Tanpa mengetahui berapa kedalamannya, sulit untuk menentukan apakah motor bisa aman menerobos atau tidak.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dilansir dari Honda Community, Selasa 17 Oktober 2017, pengendara motor pemula disarankan untuk tidak langsung menerjang genangan. Mereka disarankan terlebih dulu mengamati motor-motor yang melintas di genangan tersebut.

Fokuskan perhatian pada knalpot motor yang sama dengan yang dikendarai saat itu. Jika tinggi air di bawah knalpot, berarti genangan aman untuk dilewati.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jangan sekali-kali nekat menerobos genangan banjir dengan kondisi lubang knalpot terendam air. Bisa dipastikan mesin akan langsung mati dan Anda harus berbasah-basahan mendorongnya ke tempat aman.

Saat melewati genangan, pertahankan kecepatan rendah secara konstan. Usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan lain, agar motor tidak terhenti di tengah genangan air dan tidak menurunkan putaran gas selama melewatinya.

Selanjutnya, seimbangkan sepeda motor. Kemungkinan laju sepeda motor akan terhambat, bahkan akan sedikit terseret atau goyah saat melewati genangan air. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya