Ubah Setir Mobil Beraksen Kayu, Yuk Intip Harganya

Setir dengan aksen kayu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Unsur kayu pada interior mobil memang bisa membuat tampilan kabin menjadi lebih mewah. Biasanya kayu digunakan sebagai aksen pemanis pada panel pintu dan dasbor. Beberapa produsen mobil ada juga yang membuat variasi setir dan kepala tuas transmisi menggunakan kayu.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Bagi pemilik mobil lawas, menambah panel kayu pada setir bisa menjadi solusi untuk menambah tampilan interior kendaraan. Hal ini diungkapkan pemilik toko modifikasi setir Sentral Jaya, di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Rahmat.

"Kadang-kadang orang mau ganti setir standar jadi dikayuin. Jadi kami modelannya kustom, konsumen pesan kita buatin," kata Rahmat saat ditemui.

Viral Mobil dari Jakarta Jalan-jalan Di China Jadi Sorotan, Kok Bisa?

Kata dia, biasanya modifikasi setir panel kayu banyak diburu para pehobi kalangan atas. Maka tak heran dia mengaku bisnis ini cukup menggiurkan bagi dirinya untuk berwirausaha. "Sekarang kan mobil rata-rata (interior) sudah menggunakan kayu. Jadi yang belum kayu seperti mobil klasik bisa kustom. Konsumennya pehobi dan punya uang, kalau dia punya uang tapi enggak hobi sih kan enggak mau pasang," ujarnya.

Untuk harga, kata dia, setir panel kayu dibanderol mulai Rp1,5 juta. Harga ini menurut dia, tergantung jenis kayu dan model setir yang akan digunakan. Dengan waktu pengerjaan kurang lebih satu minggu.

Setir Mobil Pakai Satu Kaki dan Tangan, Keisya Levronka Tuai Sorotan: Bukan Contoh yang Baik!

"Kami jual tukar tambah, jadi setir dia kami ambil diganti sama yang sudah jadi. Bisa dikustom nanti kami kasih setir cadangan. Prosesnya bongkar setir, terus dipasangkan ke rangka besi di dalam setirnya. Kami buat manual, jadi waktu pengerjaannya lama," kata dia.

Ilustrasi mengemudi.

Kenali Teknik Memutar Setir Mobil yang Benar

Setir mobil merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara, karena berfungsi untuk mengendalikan arah mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui teknik memu

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023