Kenapa Servis Berkala Wajib Dilakukan Tiap 10.000 Km?

Ilustrasi servis mobil.
Sumber :
  • Worldcarfans

VIVA – Salah satu hal penting dalam merawat mobil adalah melakukan servis rutin atau servis berkala. Servis berkala pada mobil umumnya dilakukan dalam jangka waktu enam bulan sekali atau kelipatan 10.000 kilometer. 

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Kenapa dilakukan maksimal enam bulan sekali? Ini agar mobil tetap dalam kondisi prima, membuat aman dan nyaman saat dikendarai, serta menjaga efisiensi pemakaian bahan bakar. 

Selain itu, upaya tersebut dapat membuat umur mobil menjadi lebih tahan lama dan menjaga harga jual mobil Anda, seperti dikutip dari laman Auto2000, Senin 6 November 2017.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Tapi, tahukah Anda kenapa servis berkala dalam jangka waktu maksimal enam bulan?

Rutinitas kemacetan

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Para pengguna roda empat umumnya sering menghiraukan servis berkala. Hal tersebut dirasa karena kilometer dari kendaraannya belum sampai pada batas kilometer.

Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah faktor kemacetan. Kendaraan yang secara rutin berjibaku dengan kondisi kemacetan berjam-jam dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk kerja mesin yang berat.

Pada keadaan tersebut, kilometer tidak akan berjalan banyak, namun mesin tetap menyala dalam kondisi yang cukup lama di tengah kemacetan. Itu lah mengapa banyak kendaraan yang belum mencapai kilometer yang ditentukan, namun tetap disarankan untuk melakukan servis maksimal enam bulan sekali.

Syarat garansi

Bagi pengguna mobil baru dapat melakukan klaim warranty apabila mengalami kerusakan. Untuk mendapatkan warranty, perusahaan memiliki syarat khusus, biasanya, salah satunya melakukan perawatan berkala di bengkel resmi sesuai dengan ketentuan pada buku servis.

Biasanya servis berkala dimulai dari servis dengan jangka waktu 1 bulan atau 1.000 km. Selanjutnya, dalam jangka waktu maksimal enam bulan sekali atau kelipatan 10.000 km, mana yang tercapai lebih dulu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya