Hati-hati Tawaran Cuci Helm 5 Menit Kering

Jemur helm di bawah sinar matahari.
Sumber :
  • Fotografer.net

VIVA – Banyak pengendara motor cuek dengan kondisi helmnya. Padahal, keringat dan kotoran lain menempel pada bagian dalamnya. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan helm.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Hal itu diungkapkan Deden Fauzi dari bagian pemasaran PT Prakarsa Abadi Sentosa, distributor helm merek Nolan, Xlite, Grex dan Alpinestars di Indonesia.

"Harus dicuci dong. Helm yang sering dipakai pasti meninggalkan kotoran atau bakteri di bagian busa dan ventilasi. Dicuci supaya kesehatan penggunanya terjaga juga,"  kata dia kepada VIVA.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pemilik bebas menentukan kapan helm akan dicuci. Namun, bila helm sering digunakan, pencucian sebaiknya dilakukan pada pekan ketiga setiap bulan, agar kebersihan dan kesehatan pemotor terlindungi.

Terpisah, pemilik Touwanishop, Ronald Touwani mengungkapkan, pencucian helm sebaiknya dilakukan sendiri di rumah. Dia tidak menyarankan tempat pencucian helm yang menggunakan oven sebagai alat pengeringan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Jangan di tempat cuci yang lima menit kering. Helm ini kan pakai busa, kalau pakai oven busanya kempis," tuturnya.

Sebaiknya, kata dia, pengeringan dilakukan dengan cara dijemur saat panas atau kena angin, agar ada sirkulasi udara.

"Pakai oven, hairdryer, enggak boleh panasnya berlebihan. Hairdryer kena rambut saja jadi keriting rambutnya," katanya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya