Mobil Ini Jadi 'Korban' Xpander dan Wuling Confero

Suzuki Ertiga
Sumber :
  • Toto Pribadi/VIVA.co.id

VIVA – Pertarungan pasar Low Multi Purpose Vehicle di Tanah Air semakin ketat sejak ada pendatang baru, yakni Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Kehadiran dua mobil baru itu ternyata berdampak pada turunnya penjualan Ertiga yang menjadi andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

"Kemarin itu ada sedikit efek, karena ada beberapa merek lain sudah masuk. Kami agak turun (penjualannya), tapi itu data satu bulan. Sampai bulan September sih kami masih di angka 3.000-an unit per-bulan," ujar Deputy Managing Director Divisi Roda Empat SIS, Setiawan Surya di Jakarta.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Menurutnya, karena umur Confero dan Xpander masih terbilang baru, maka wajar saja jika konsumen banyak yang tertarik.

"Kalau data satu bulan, kami belum bisa mencerminkan. Nanti kami lihat November dan Desember seperti apa. Di Oktober ini saya lihat ada pengaruh agak turun," tuturnya.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Jika penjualan Ertiga sampai akhir tahun tidak ada peningkatan, Suzuki sudah mempunyai rencana untuk mendongkrak penjualan.

"Pasti ada, nanti kita lihat saja," ujar Setiawan. (ase)

Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024