Benarkah Jarang Servis Picu Motor Terbakar?

Seorang montir tengah melakukan servis sepeda motor.
Sumber :
  • Foto: Dok Astra Motor

VIVA – Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan insiden terbakarnya sebuah sepeda motor yang diduga akibat jarang dilakukan perawatan atau servis secara rutin.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta, Rangga Noviar, mengatakan pada dasarnya insiden terbakarnya sepeda motor disebabkan oleh beberapa faktor. Sehingga menurutnya tak bisa saja disebut lantaran jarang dilakukan pemeriksaan secara berkala.

"Enggak bisa disimpulkan kalau jarang servis motor bisa terbakar, bisa saja ada faktor eksternal," kata Rangga kepada VIVA di Jakarta, Selasa, 14 November 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Pada sepeda motor, bisa saja kebakaran dipicu lantaran beberapa hal misalnya kata dia, tutup tangki bahan bakar yang dibiarkan terbuka sehingga bila ada percikan api bisa merembet ke bensin.

"Di sepeda motor itu kan ada bensin sehingga bensin ini bisa terpapar. Tutup tangki kebuka, kontak api nyamber ke bensin tersebut, atau misalnya ada saluran yang kurang nutup. Banyak faktor ya," ujarnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Namun kata dia, servis rutin yang jarang dilakukan oleh pemiliknya bisa juga jadi pemicu terjadinya kebakaran pada sepeda motor. Sebab dalam pemeriksaan rutin, seluruh sistem kelistrikan dan pengapian diperiksa oleh mekanik yang terlatih.

"Kalau diservis rutin kan ketahuan, sekering masih bagus apa enggak. Jadi pengaman, agar segala hal yang tak diinginkan bisa dihindari. Selain itu fungsi perawatan rutin juga untuk memastikan semua komponen bekerja dengan optimal," kata dia. 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022