Seram Banget, Begini Efek Mobil Sering Telat Ganti Oli

Efek telat ganti oli pada mesin.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Mengganti pelumas mesin mobil memang terdengar sepele. Namun efeknya mengerikan jika telat melakukannya. Apalagi bila mobil yang dimaksud adalah tipe matik. Bagian transmisinya jangan luput dari perhatian penggantian pelumas secara berkala.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebab mobil matik sangatlah bergantung pada oli transmisi yang harus selalu dalam kondisi baik. Bila hal tersebut diabaikan, maka jangan heran kendaraan Anda mulai mengalami masalah-masalah hingga membuat mobil tidak mampu beroperasi lagi.

Menurut Iwan Abdurahman, General Repair Sevice Manager Toyota Astra Motor, mobil yang telat ganti oli akan berpengaruh pada performa mesinnya. Tenaga akan lemah, sementara terparahnya, mati total.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Akibat dari telat mengganti oli, yang paling terasa yaitu tenaga mobil akan berkurang, bahkan lebih parahnya lagi, mobil tidak akan bisa bergerak. Itu terjadi karena temperatur yang naik, kemudian efek pelumasannya berkurang,” ucapnya, seperti dilansir dari situs resmi Toyota, Selasa 21 November 2017.

Iwan pun melanjutkan, biaya yang harus dilakukan jika sampai mobil matik rusak sangatlah beragam. Hal ini bisa bergantung pada jenis kendaraan, namun biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan komponen transmisi ini bisa mencapai jutaan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Kalau hanya pelat kopling ditambah jasa bongkar, tidak terlalu mahal tapi memang jutaan. Tentunya juga tergantung model mobilnya, karena harga part dan jasa tentu akan berbeda-beda. Secara kisaran, ada yang hanya jutaan, tapi ada juga yang sampai puluhan juta khususnya untuk mobil mewah,” ujar Iwan. (ren)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022