Bocoran Spek Honda PCX Baru, Lebih 'Nendang'

Honda PCX Hybrid di Tokyo Motor Show Jepang, akhir Oktober 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA – Pada pameran Tokyo Motor Show yang berlangsung November lalu, Honda memajang motor skuter matik PCX versi terbaru.

Motor Baru Honda Meluncur Besok, Mesinnya Bikin Yamaha Gerah

Berbeda dari model sebelumnya, skuter matik yang di Indonesia dibekali dengan mesin 150 cc itu hadir dalam dua versi, hibrida serta listrik.

Saat ditemui di pameran TMS, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengatakan, PCX baru juga akan hadir di Indonesia.

Bocoran Honda CBR250RR 4 Silinder, Siap Jegal Kawasaki ZX-25R

"Kami berencana memproduksi skutik premium Honda PCX di Indonesia. Modelnya kurang lebih akan sama seperti yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show," kata Thomas kala itu.

Sesuai undangan yang diterima VIVA, peluncuran PCX akan dilakukan pada Rabu 13 Desember 2017. Dan menurut kabar yang beredar, ada dua model yang bakal dihadirkan, yakni mesin bensin dan hibrida.

Motor Baru Honda Mengaspal di Indonesia, Harga Setengah Miliar

Mesin biasa sudah umum dikenal oleh para pencinta motor Honda. Namun, bagaimana dengan mesin hibrida?

Menurut penelusuran VIVA di laman resmi Honda, Senin 11 Desember 2017, PCX Hybrid tidak jauh berbeda dari model yang menggunakan mesin bensin.

Keduanya masih tetap memakai mesin satu silinder. Hanya bedanya, Honda memasang motor starter yang lebih canggih di versi Hybrid.

Komponen yang disebut Alternating Current Generator atau ACG sebelumnya hanya berfungsi sebagai starter saat mesin dihidupkan, serta menyuplai listrik kala motor dijalankan.

Namun pada PCX baru, starter ACG memiliki fungsi tambahan, yakni sebagai tambahan tenaga mesin saat dibutuhkan torsi yang lebih besar. Jadi, motor akan bekerja bersama dengan piston memutar roda belakang pada waktu-waktu tertentu.

Dengan adanya teknologi ini, maka akselerasi motor menjadi lebih cepat. Dan karena energi yang digunakan berasal dari baterai, maka pemakaian bahan bakar bisa lebih irit. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya