Stok Darah PMI Jakarta Kritis

Persediaan darah di PMI DKI Jakarta selama Ramadan kritis. Saat ini jumlah stok darah di PMI hanya 200-300 kantong darah. Padahal idealnya dalam satu hari kebutuhannya 800-1000 kantong darah.

Namun, Humas PMI DKI Jakarta Irwan Hidayat memastikan untuk bulan September ini persediaan stok darah aman.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Kelangkaan darah di bulan Ramadan menurut Irwan akibat banyaknya pendonor yang engan mendonorkan darahnya dengan alasan takut lemas menjalankan ibadah puasa.

"Untuk September aman, belum batas kritis. Jumlah itu masih mencukupi untuk untuk dua minggu ke depan," kata Irwan usai menghadiri pengukuhan panitia dan peluncuran Kupon bulan dana PMI DKI Jakarta tahun 2008 di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 17 September 2008.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rini Sutiyoso yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan kekurangan stok darah di bulan Ramadan dapat dimaklumi mengingat banyaknya ummat Islam yang menjalankan ibadah puasa, sehingga banyak yang menunda waktu donornya.

"Padahal menurut Fatwa MUI dibolehkan selama kondisi kita memungkinkan dan tidak membatalkan puasa," katanya.

Untuk mengantisipasi semakin berkurangnya stok darah, 2 pekan sebelum bulan puasa PMI telah bekerjasama dengan instansi-instansi dan organisasi-orgaisasi pelaksana donor darah untuk melakukan donor darah.

Rini menambahkan, bulan dana PMI yang digelar mulai hari ini hingga 17 Januari 2009 diharapkan bisa mencapai target RP 10 miliar. Hasilnya nanti akan digunakan untuk membiayai kegiatan yang akan dilaksanakan PMI seperti penanggulangan bencana, pelayanan transfusi darah dan lainnya.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024